Minggu, 06 Maret 2016

Tips Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman!

Tips Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman!

Memang gunung itu menyimpan sejuta keindahan! Juga marabahaya!03 Jun 2015, by Reservasi.com Kategori: Adventure, Tipe Traveling, Tips Traveling
Travel Blog Reservasi Jangan mati konyol di Gunung! Belakangan banyak berita bertebaran yang menceritakan kecelakaan di gunung yang hingga mengakibatkan kehilangan nyawa. Mulai dari karena selfie yang berbahaya, pelanggaran aturan yang sudah ditetapkan, hingga kurangnya persiapan mendaki gunung.
Iya, gunung memang tempat yang menyimpan sejuta pesona, yang bisa menyihir setiap pendaki yang menjejakinya. Sebut saja Semeru, Rinjani, Tambora yang merupakan beberapa gunung terkenal di Indonesia. Beberapa gunung yang disebutkan tadi tidak pernah sepi dari jamahan para pendaki.

Memang gunung itu menyimpan sejuta keindahan! Juga marabahaya!
Namun, jangan lupa, gunung adalah sebuah alam liar yang juga menyimpan marabahaya. dan, bagaimanapun juga, para pendaki seharusnya adalah manusia yang tidak boleh meremehkan alam. Iya, mendaki gunung bukan main – main, perlu persiapan! Minimal dengan membaca Tips Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman ini.

Tips Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman!

1. Pendakian haruslah dengan penuh persiapan. Membawa alat navigasi seperti peta lokasi pendakian, Altimeter yang berguna untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut, hingga kompas adalah wajib hukumnya. Semudah apapun gunung yang akan didaki, perlengkapan tadi akan berguna dalam keadaan darurat.
2. Setelah perlengkapan seperti peta dan yang lain disiapkan, minimal seorang pendaki harus paham bagaimana cara membaca peta dan melakukan orientasi di alam terbuka. JANGAN sekali-kali melakukan pendakian jika dalam rombongan pendakian tidak ada yang berpengalaman mendaki atau berpengetahuan mendalam tentang navigasi. Kalian tidak mau mati konyol karena tersesat di alam liar tanpa kemampuan survival kan?

Mendaki gunung perlu persiapan yang baik!
Mendaki gunung perlu persiapan yang baik!
3. Jangan nekat, dan pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Jangan dipaksakan mendaki kalau sedang sakit atau enggak enak badan. Karena kalian tidak cuma merepotkan diri sendiri, tetapi juga akan membaut teman mendaki yang lain kerepotan kalau terjadi apa – apa. Persiapkan stamina dengan berolahraga seperti lari atau berenang secara rutin sebelum mendaki. Tujuannya adalah agar otot-otot kita tidak kaget dan terbiasa untuk menempuh jalur pendakian yang cenderung menanjak.
4. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai, jangan yang alakadarnya. Jaket anti air atau ponco wajib dibawa untuk melindungi diri dair hujan. Selalu pisahkan pakaian yang dipakai ketika berkemah, dan SELALU JAGA DALAM KONDISI YANG KERING. Memaksakan memakai baju basah di gunung bisa membuat kalian terkena Hypotermia yang bisa berakibat fata. Gunakan sepatu karet atau boots ketika mendaki, dan sebisa mungkin tidak menggunakan sendal jepit! Siapkan headlamp atau senter dengan baterai yang cukup selama pendakian. Tenda, kantung tidur, dan matras juga beberapa benda yang tidak boleh terlupakan.
Alam bukan untuk ditaklukkan!
Add caption
Alam bukan untuk ditaklukkan!
5. Hitunglah dengan benar berapa lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik yang dibawa. Jangan sampai kurang, jangan salah bawa logistik, dan siapkan cadangan untuk kondisi darurat. Beras, bahan bakar untuk masak, lauk pauk, piring dan gelas adalah yang umum dibawa. Bawalah wadah air minum, dan usahakan harusselalu terisi disepanjang pendakian.
6. First Aid Kit atau peralatan medis pertolongan pertama seperti obat merah, perban, dan obat-obatan khusus bagi penderita penyakit tertentu harus dibawa. Biar kelihatannya remeh, obat – obatan adalah yang yang paling penting untuk pertolongan pertama. Jadi jangan sampai lupa!
7. Jangan malu untuk belajar dan berdiskusi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Daripada nanti bingung ketika terjadi suatu masalah selama mendaki. Biasanya kelompok atau komunitas pecinta alam yang ada di Sekolah, Universitas, dan lainnya akan senang sekali membantu dan berbagi pengetahuan tentang mendaki gunung atau yang lainnya.
8. Ukurlah kemampuan diri, karena hanya kalian sendiri yang tahu kapan harus melanjutkan pendakian, kapan harus istirahat dan kapan harus berhenti. Bila tidak mampu meneruskan perjalanan, jangan dipaksakan. Juga jangan ragu untuk kembali pulang jika perlu. Nyawa kalian, hidup kalian hanya satu, sementara gunung akan masih tetap berdiri di tempatnya dalam waktu yang lama. Jangan nekat, yang bisa mengakibatkan kejadian yang fatal.
9. Ingat, nyawamu terlalu berharga untuk sekedar foto selfie, foto keren, atau bahkan mati konyol di gunung! Stay safe, hormati alam, jaga lingkungan, jadilah pendaki yang bertanggung jawab, bukan pendaki nekat! Minimal, kalian harus membaca Tips Persiapan Mendaki Gunung Yang Aman ini deh!

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar